Tips Sehat Dengan Menjauhi Pantangan Asam Urat


tips sehat dengan menjauhi pantangan asam urat


Sekilas Tentang Asam Urat
Pantangan asam urat ada banyak sekali. Adapun penyakit asam urat atau yang kerap disebut gout itu sendiri merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan karena adanya penumpukan kristal asam urat dalam tubuh, khususnya di area persendian.

Gangguan kesehatan ini cukup berisiko bagi mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun. Wanita atau pria cukup berisiko terkena asam urat. Pada beberapa kasus asam urat yang parah menyebabkan penderitanya tidak dapat berjalan karena bila dipaksakan untuk bergerak akan terasa sakit di bagian sendi. Parahnya lagi kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya pengapuran dan keroposan pada tulang. Karenanya penyakit asam urat bukan termasuk penyakit yang ringan.

Penyakit asam urat memiliki beberapa gejala spesifik. Adapun bila sejumlah gejala yang mengarah pada asam urat muncul, tentunya mesti dilakukan pengobatan segera. Berikut beberapa diantaranya:

•    Muncul rasa nyeri berulang di bagian persendian baik di sendi jari tangan, jari kaki, tumit, dengkul, pergelangan tangan, dan siku.
•    Rasa nyeri, linu, dan kesemutan yang muncul terkadang menyebakan pembengkakan atau peradangan.
•    Rasa nyeri umumnya terasa lebih sakit saat pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari.
•    Pada kasus yang parah sakit di persendian menyebabkan penderitanya tidak dapat bergerak.

Penyebab dari sakit asam urat salah satunya karena mengonsumsi makanan dengan kandungan zat purin dalam porsi berlebih. Zat purin tersebut bila melalui proses metabolisme dapat menghasilkan asam urat.

Adapun kadar asam urat normal dalam tubuh yaitu berkisar 2,6 -6 mg / dl untuk wanita dan 3,4 – 7 mg / dl untuk pria. Purin adalah senyawa basa organik yang umumnya terkadung dalam tumbuhan atau hewan. Jadi bisa dibilang hampir semua jenis makanan memiliki kandungan purin.

Inilah mengapa dikatakan ada banyak menu pantangan yang seharusnya dihindari penderita asam urat. Penderita asam urat perlu pandai-pandai menjaga pola makan dan selektif memilih makanan yang aman untuknya. Kira-kira apa saja menu pantangan asam urat?

Pantangan Asam Urat


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya ada sejumlah pantangan yang mesti dihindari penderita asam urat. Menu makanan yang patut dihindari yaitu makanan dengan kandungan zat purin tinggi. Sebagian besar makanan memang memiliki kandungan zat purin. Hanya saja setiap jenis makanan memiliki kadar yang berbeda-beda. Ada makanan dengan kadar purin tinggi, sedang, dan rendah. Bila zat purin masuk dalam jumlah berlebih, proses metabolisme yang terjadi hanya akan menghasilkan asam urat.

Asam urat sebenarnya dibutuhkan tubuh. Hanya saja jika jumlahnya melebihi jumlah normal dapat memberatkan tugas ginjal yang mana menjadi tidak dapat mengeluarkan asam urat berlebih. Alhasil banyak kristal asam urat yang menupuk di bagian persendian.

Maka, makanan dengan kadar purin tinggi itulah yang harus dihindari. Adapun berikut ini beberapa pantangan asam urat:

•    Jeroan: babat, otak, paru, usus, limpa, dan hati.
•    Sea Food: cumi-cumi, sotong, udang, temis, tiram, ikan teri, ikan sarden, dan kepiting.
•    Kacang-Kacangan: kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, emping, melinjo, dan tauge.
•    Makanan Kaleng: sarden kaleng dan kornet sapi kalengan.
•    Sayuran Tertentu: buncis, jamur kuping, daun pepaya, kangkung, kembang kol, dan bayam.
•    Unggas: kalkum, angsa, dan bebek.
•    Olahan Susu: es krim, keju, dan krim.
•    Buah-Buahan Tertentu: nanas, durian, dan air kepala.
•    Daging: daging sapi, kuda, dan kambing.

Itulah beberapa pantangan sakit asam urat yang mesti dihindari dan tips sehat untuk penderita asam urat. Adapun menghindari sejumlah pantangan yang disebutkan di atas menjadi cara ampuh agar asam urat tidak kembali kambuh. Sebagai tips sehat, penderita asam urat sebaiknya mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan kandungan potasium seperti kentang dan pisang.

Selain itu buah-buahan segar kaya vitamin C seperti strawberry, jambu biji, jeruk, pepaya juga baik dikonsumsi. Perbanyak mengonsumsi sumber karbohidrat sehat seperti nasi, ubi, dan singkong. Semoga dengan diberikan ulasan tentang pantangan asam urat ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: