3 Makanan Super Yang Mungkin Anda Terlalu Banyak Konsumsi

3 Makanan Super mungkin anda terlalu banyak konsumsi

Ketika anda sedang diet dengan makanan super, maka akan kurang baik jika anda mengkonsumsi suatu makanan terlalu banyak. Bahkan makanan super jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memberikan efek samping yang kurang baik.

Dan saat ini, dengan peningkatan keinginan untuk mengkonsumsi makanan super, resiko konsumsi terlalu banyak atau over dosis pada satu jenis makanan menjadi tinggi.

Berikut ini beberapa makanan super yang mungkin secara tidak sadar terlalu banyak anda konsumsi dan bagaimana agar anda tetep bisa mengkonsumsinya dengan seimbang.

Brokoli

Untuk kandungan nutrisi dan antioksidan, hanya beberapa bahan makanan yang dapat dibandingkan dengan brokoli. Tetapi obsesi saat ini pada jenis sayuran ini dapat berpotensi tidak baik. Brokoli banyak ditemukan di menu dari berbagai restoran yang ada di Amerika Serikat dengan peningkatan sekitar 400% dari tahun 2009 ke tahun 2013.

Dan secara global produk dari brokoli telah meningkat tiga kali lipat di antara tahun 2007 dan 2012. Banyak wanita, yang melakukan diet terutama, mengkonsumsi jus hijau yang mengandung brokoli lebih banyak dari yang mereka bisa makan setiap hari di pagi hari, kemudian mengkonsumsi brokoli lagi untuk makan siang dan mengkonsumsi cemilan dari brokoli pada waktu malam. Sisi negatifnya? Batu ginjal.

Brokoli mengandung oxalate yang dapat mengikat kalsium untuk membentuk batu. Sedangkan makanan yang lain seperti bayam yang memiliki oxalate tinggi, brokoli dalam dosis yang terlalu tinggi dapat menjadi masalah yang serius untuk penyakit ini.

Cara menyeimbangkan konsumsi brokoli adalah dengan memilih jus hijau yang banyak mengandung brokoli atau satu salad yang banyak mengandung brokoli untuk satu hari dan bukan keduanya. Di hari hari anda mengkonsumsi banyak brokoli, anda tetap bisa mengkonsumsi jus hijau dengan campuran yang rendah oxalate seperti timun dan variasi sayuran lainnya.

Sushi

Satu makanan yang mudah dan enak mengkonsumsi makanan laut adalah dengan mengunjungi restoran sushi terdekat. Tetapi nyatanya banyak wanita sibuk saat ini yang terlalu banyak mengkonsumsinya. Walaupun sushi memberikan protein yang sehat dan zat omega 3 yang baik untuk otak dan jantung, zat merkuri di ikan yang didapatkan dari polusi adalah hal yang perlu anda perhatikan. Anda bisa dengan mudah menyerap banyak merkuri setiap anda mengkonsumsi sushi.

Penelitian menyebutkan di antara ikan tuna, belut, salmon dan kepiting, ikan tuna lah yang memiliki tingkat merkuri paling tinggi. peneliti memperkirakan bahwa penyerapan merkuri pada orang orang yang mengkonsumsi makanan sushi 7 porsi yang mencakup banyak tuna setiap bulan telah melebihi level yang aman.

Yang paling mengerikan lagi, gejala dari terlalu banyak merkuri di tubuh ini mungkin tidak akan terlihat selama berbulan bulan atau bahkan tidak terasa. Gejala ini antara lain adalah masalah pada penglihatan, jari yang kesemutan atau otot yang melemah.

Cara terbaik untuk menyeimbangkannya adalah dengan memilih California roll yang dibuat dari daging kepiting dan dapat anda konsumsi dua kali seminggu. Akan lebih baik untuk membatasi mengkonsumsi ikan ikan besar seperti tuna dan mackerel yang lebih berpotensi memiliki banyak merkuri terutama ketika anda sedang hamil, merencanakan hamil atau menyusui.

Makanan Tambahan

Ketika anda membeli sereal, makanan mengandung energi, jus jeruk atau minuman dalam kemasan, anda mungkin mengamati label yang menunjukkan nutrisi tambahan dari makanan tersebut. Namun, cek dengan teliti. Beberapa sereal membuat pernyataan yang berlebihan mengenai kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang tertera di label.

Walaupun penambahan nutrisi tersebut memberikan anda keyakinan bahwa anda tidak akan kekurangan nutrisi seperti vitamin D, zat besi, seng, vitamin B dan memberikan banyak manfaat hanya dari satu produk.

Jika anda benar benar ingin menambahkan nutrisi pada tubuh anda, pilihlah makanan tambahan dengan kandungan tidak lebih dari 50% untuk segala jenis nutrisi di setiap porsinya. Secara konsisten mendapatkan asupan yang melebihi batas konsumsi tubuh sehari hari akan mendorong level toleransi konsumsi makanan anda, yang membuat nutrisi baik menjadi berbahaya dan tidak lagi memberikan bagi anda manfaat baik dari makanan super.

Subscribe to receive free email updates: